بِسْمِ
االلهِ الرَّحْمَنِ الَّرحِيْمِ
اَلْحَمْدُ
للهِ ذِى اْلفَضْلِ وَاْلإِنْعاَمِ , سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ ذِى الْجَلاَِلِ وَاْلإِكْرَامِ
, وَاَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ , عَلَّمَ اْلإِنْسَانَ مَالَمْ
يَعْلَمْ, وَالْحَمْدُ للهِ الَّذِى أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ إِلىَ كَآفَّةِ
اْلأَناَمِ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِناَ النَّبِىِّ اْلمُصْطَفَى
رَسُوْلِ الله مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم وَعَلَى آلِهِ
وَصَحْبِهِ الصَّفْوَةِ اْلبَرَارَةِ الْكِرَامِ , وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.
أَمَّا بَعْدَه. يآأَوْلاَدِىْ تَعَلَّمُوْا اْلعِلْمَ النَّافِعَ بِاْلإِحْتِيَاطِ
وَاْلإِجْتِِهَادِ بِالرِّياَضَةِ الْقُلُوْبِ بِأَنْ تَكُوْنُوْا أَهْلاً فِيْهِ,
تَخْصِيْصًا عُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةِ اْلإِسْلاَمِ الَّذِى هُوَ فِيْهِ سَبِيْلُ
الرَّشَادِ, وَاَمَرَالنَّبِىُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَلَبَ اْلعِلْمِ
كَمَارَوَى الْحَاكِمُ عَنْ حَدِيْثِ عَلِىّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ قَالَ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ÷ أُطْلُبُوْا
المَعْرُوْفَ مِنْ رُحَمَآءِ أُمَّتِى تَعِيْشُوْا فِى أَكْنَافِهِمْ, وَلاَ تَطْلُبُوْهُ
مِنَ اْلقَاسِيَةِ قُلُوْبُهُمْ فَإِنَّ اللَّعْنَةَ تَنْزِلُ عَلَيْهِمْ , يآعَلِىّ
إِنَّ الله تَعَالىَ خَلَقَ الْمَعْرُوْفَ وَخَلَقَ لَهُ أَهْلًا, فَحَبِّبْهُ إِلَيْهِمْ
وَحَبِّبْ إِلَيْهِمْ فِعَالَهُ وَوَجّه إِلَيْهِمْ طُلاَبَهُ كَمَا وَجَهَ اْلمَاءُ فِى اْلأَرْضِ
الْجَِدْبَةِ وَلْتَحِيَّا بِهِ وَيُحْيَا بِهِ اَهْلُهَا وَإِنَّ أَهْلَ الْمَعْرُوْفِ
فِى الدُّنْيَا هُمْ أَهْلُ الْمَعْرُوْفِ
فِى اْلأَخِرَةِ. وَاعْلَمُوْا يآ أَوْلاَدِى أَنَّ طَلَبَ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ, كَمَا
رَوَى اِبْنُ عَسَاكِرَ عَنْ حَدِيْثِ أَنَس قَالَ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
÷ طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَإِنَّ طََالِبَ اْلعِلْمِ يَسْتَغْفِرُلَهُ
كُلُّ شَيْئٍ حَتَّى الْحِيْتَانِ فِى اْلبَحْرِ.
وَمَا
رُوِىَ عَنْ أَنَسٍ قََالَ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ÷ طَلَبُ اْلعِلْمِ
فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَالله يُحِبُّ إِغَاثَةَ اللَّهْفَان .
أَخْرَجَهُ اِبْنُ عَبْدِالْبَرّ .
فَيآ
أَوْلاَدِى لاَ تَخَافُوْا وَلاَتَخْزَنُوْا أُدْعُوا الله عَلَى مَافَاتَكُمْ
إِنْ شَآءَ الله بِهِ الله هَدَاكُمْ ,
إِنَّ لِكُلِّ شَيْئٍ زِيْنَةٌ , وَزِيْنَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا اْلمَرْأَةُ الصَّالِحَةِ
, وَالْعِلْمُ زَيْنٌ ِلأَهْلِهِ كَمَا قَالَ الشَّاعِرُ÷
تَعَلَّمْ فَإِنَّ الْعِلْمَ زَيْنٌ لأَهْلِهِ # وَفَضْلٌ
وَعُنْوَانٌ لِكُلِّ مَحَامِدِ
تَفَكَّرُوْا
وَتَدَبَّرُوْا بِاْلقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَاْلإِتْبَاعِ الْحَدِيْثِ رَسُوْلِ
الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَحِكْمَةِ الْحُكَمَآءِ وَعُلُوْمِ الْعُلَمَآءِ
وَبِرّ وَالِدَيْكُمْ , وَاحْفَظُوْا بِالْحَيَآءِ وَالْحِجَابِ بَيْنَ النَّاسِ
فىِ السّرِّ وَاْلعَلاَنِ , وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ
وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ . اّللّهُمَّ باَرِكْ لىِ فِيْ أَوْلاَدِى ,
وَأَلْحِقْهُمْ بِالصَّالِحِيْنَ فىِ غَابِرِاْلأَزْمَانِ . وَالْحَمْدُ لله رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ . آمِيْن .
Setelah membaca basmallah dan hamdallah, sholawat dan salam mualef
mulai merangkai kata tarjamah dari kitab matan al-jurumiyah karya Syeikh Abu
Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawood 672-723 H. Ini
dilakukan guna memenuhi permintaan ananda yang sedang belajar ilmu nahwu di
Pondok Pesantren Bina Insani Ketapang Susukan Kab.Semarang. Sebenarnya sudah banyak
kitab terjemah nahwu yang telah di terbitkan dan tersedia di toko
–toko kitab . Namun karena kendala keterbatasan sehingga tidak mampu untuk mendapatkannya.
Maka, sebagai orang tua sebisa mungkin berusaha untuk mengantarkan ananda
terhindar dari kebodohan. Dengan tulisan tarjamah ini mudah- mudahan ananda dapat
mengikuti ketertinggalan pelajaran di
almameternya. Semoga bermanfaat . نَفَعْنَا الله وَإِيَّكُمْ
إِنْ شَآءَ الله تَعَالىَ آمِيْن .
A.
Introduction / pengenalan / التَّعْرِيْف
Istilah Bahasa, dialek /إِصْطِلاَحُ
اللُّغَوِىِ /
Arabic Idioms.
Setiap bahasa tentu memiliki idiom. Idiom
adalah dialek bahasa. Idiom merupakan
kata yang tidak mudah di mengerti. Karena idiom muncul dari bahasa lokal yang
kemudian berkembang dan terbiasa penggunaanya oleh khalayak umum.
Sebagaimana bahasa dalam rumpun bahasa semith
(termasuk bahasa arab, inggris) juga terdapat idiom. Banyak sekali kaidah
dan peraturan yang gunakan untuk membuat keindahan bahasa. Dalam Bahasa Arab
ada 3 cabang ilmu dasar sebagai pokok, yaitu : ilmu nahwu / garmmar and
structure / tata bahasa arab ; ilmu sharaf / words and verbs / bentukan kata ;
ilmu balaghah / speech / keindahan penyampaian bahasa. Bagi
pemula / mubtadi’ / beginner tidak perlu bingung dan ragu harus memulai
yang mana dulu , belajar ilmu nahwu terlebih dahulu. Karena untuk mengetahui
pola susunan dalam suatu kalimat itu ada dalam ilmu nahwu.
Berubah
|
Asal
kata
|
Indonesia
|
n a m a
|
مَسْجِدٌ
|
مَسْجِدٌ
|
Kata
benda belum terkenal
|
اِسْمُ النَّكِرَةِ
|
مُسْلِمَانِ
|
مُسْلِمٌ
|
Isim jumlah 2
|
اِسْمُ التَّثْنِيَّةِ
|
اَلْمَسْجِدُ
|
مَسْجِدٌ
|
Kata
benda sudah terkenal
|
اِسْمُ اْلمَعْرِفَةِ
|
زَيْدٌ
كِتَابٌ
|
زَيْدٌ ,
كِتَابٌ
|
Kata
benda tunggal
|
اِسْمُ اْلمُفْرَدِ
|
زَيْدٌ
|
زَيْدٌ
|
Isim
yang menerima tanwin
|
اِسْمُ مُنْصَرِفٌ
|
اِبْرَاهِيْمَ : مُوْسَى : هَارُوْنَ
|
Isim yang tidak menerima tanwin misalnya nama
para Nabi
|
اِسْمٌ غَيْرُ مُنْصَرِفٍ
|
|
مُسْلِمَاتٌ
|
مُسْلِمٌ
|
Jamak wanita
|
جَمْعُ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ
|
مُسْلِمُوْنَ
|
مُسْلِمٌ
|
Jamak pria
|
جَمْعُ الْمُذَكَّرِ السَّالِمِ
|
كُتُبٌ
|
كِتَابٌ
|
Jamak
dalam perkiraan
|
جَمْعُ التَّكْسِيْرِ
|
Kalimat
aktif
|
ضَرَبَ زَيْدٌ
|
Subyek
/ Pelaku
|
فَاعِلٌ
|
Disebutkan
namanya
|
Subyek yang
terlihat jelas
|
فَاعِلٌ ظاَهِرٌ
|
|
Kata
ganti / Pronoun
|
Subyek
yang tersimpan
|
فَاعِلٌ ضَمِيْرٌ
|
|
غُلاَمُ + ...
|
غُلاَمُ + ....
|
isim yang disambung
|
مُضَافٌ
|
.... + زَيْدٍ
|
.... + زَيْدٍ
|
Isim yang disambungkan
|
مُضَافٌ اِلَيْهِ
|
غُلاَمُ زَيْدٍ
|
غُلاَمٌ + زَيْدٌ
|
Padan
Kata
|
اِضَافَةٌ
|
Obyek
|
ضَرَبْتُ زيداً
|
Obyek
|
مَفْعُوْلٌ بِهِ
|
Kalimat
pasif
|
ضُربَ زيدٌ
|
Pengganti
subyek / Kalimat Pasif
|
نَائِبُ اْلفَاعِلِ
|
زَيْدٌ.….
|
زَيْدٌ
|
Subyek
|
مُبْتَدَاءٌ
|
.....قَائِمٌ
|
قَائِمٌ
|
Participle
/ Predikat
|
خَبَرٌ
|
زَيْدٌ قَائِمٌ
|
Subyek
dan predikat
|
مُبْتَدَاءٌ
وَ خَبَرُهُ
|
|
زَيْدٌ قَائِمٌ
الزَيْدان قَائِمَانِ
الزَيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ
|
Predikat
yang cocok dengan dengan Subyeknya
jika subyeknya mufrad predikatnya juga
mufrad,
jika
subyeknya tasniyah predikatnya juga tasniyah,
jika
subyeknya jamak predikatnya juga jamak.
|
خَبَرٌ مُفْرَدٌ
|
|
زَيْدٌ عِنْدَكَ :
زَيْدٌ فىِ الدَّارِ :
زَيْدٌ قام أَبُوْهُ :
زَيْدٌ ذَهَبَتْ جاَرِيَتُهُ :
|
Predikat
yang terbentuk dalam susunan / jumlah :
Jar-majrur,
zharaf,
fi’il
dan failnya,
mubtada
dan khabarnya.
|
خَبَرٌغَيْرُ مُفْرَدٍ
|
|
: زَيْدٌ قَائِمٌ : قَامَ زَيْدٌ
: يَفْعَلُ : يَضْرِبُ : يَقُوْمُ
|
Dibaca rafa
terdapat pada :
Ø Isim sebagai Subyek
Ø Fi’il Mudari’
|
مَرْفُوْعٌ
|
|
رَأَيْتُ زَيْدًا :
لَنْ يَفْعَلَ : لَنْ يَضْرِبَ
|
Dibaca rafa
terdapat pada :
Ø Isim sebagai Obyek
Ø Fi’il Mudari’
ketika dimasuki nawasib (amilnasab).
|
مَنْصُوْبٌ
|
|
مَرَرْتُ بِزَيْدٍ
|
Dibaca rafa terdapat pada : Isim Huruf
Jar
|
مَجْرُوْرٌ
|
|
لَمْ يَفْعَلْ : لَمْ يَضْرِبْ
|
Dibaca rafa terdapat pada : Fi’il
Mudari’ ketika dimasuki jawazim
|
مَجْزُوْمٌ
|
|
فى الاسم : زَيْدٌ قَائِمٌ : قَامَ زَيْدٌ
رَأَيْتُ زَيْدًا : مَرَرْتُ بِزَيْدٍ.
فى الفعل : لَنْ يَفْعَلَ : لَمْ يَفْعَلْ
|
Diubah
. pada akhir kata dapat diubah
|
مُعْرَبٌ
|
|
قَامَ: فَعَلَ : ضَرَبَ : فَتَحَ
|
Mabni
/ Ditetapkan dan tidak berubah pada akhir kata seperti pada fi’il madi
|
مَبْنِىٌّ
|
|
زَيْدٌ قَائِمٌ
|
Rangkaian
kalimat terdiri dari susunan kata benda
|
جُمْلَةٌ اِسْمِيَّةٌ
|
|
قَامَ زَيْدٌ
|
Rangkaian
kalimat terdiri dari susunan kata kerja
|
جُمْلَةٌ فِعْلَيَّةٌ
|
|
Ada
4 : na’at, taukid, ataf, badal
|
Isim
mengikuti isim
|
تاَبِعٌ لِلْمَتْبُوْعِ
|
|
قَامَ زَيْدٌ كَرِيْمٌ
|
Sifat
/ Adjective
|
نَعْتٌ
|
|
قَامَ زَيْدٌ كَرِيْمٌ
|
Isim
yang di beri sifat
|
مَنْعُْتٌ
|
|
Penmgukuhan
Isim
|
تَوْكِيْد
|
||
Isim
yang dikukuhkan
|
مُؤَكَّد
|
||
قَامَ زَيْدٌ
وَ عَمْرٌو
|
Menghindari
pengulangan kata
|
عَطْفٌ
|
|
قَامَ زَيْدٌ
وَ عَمْرٌو
|
Kata
yang dihindari pengulangan
|
مَعْطُوْفٌ عَلَيْهِ
|
|
قَامَ زَيْدٌ
أَخُوْكَ
يَأْكُلُ زَيْدٌ الَّرغبْفَ ثُلُثَهُ
نَفَعَنِى زَيْدٌ عِلْمُهُ
رَأَيْتُ زَيْدًا اَلْفَرَسَ
|
Badal : Ganti .
Ada 4 macam badal :
Ø Badal syai’min
syai’
Ø Badal ba’du min
kull
Ø Badal Isytimal
Ø Badal gholath
|
بَدْلٌ
|
|
Di
ganti dari
|
مُبْدَلٌ مِنْهُ
|
||
مِنْ مَسْجِدٍ
مِن اْلمَسْجِدِ
|
مِنْ+مَسْجِدٍ
مِنْ+المَسْجِدِ
|
Susunan
kata huruf jar + isim
|
جَارٌ مَجْرُوْرٌ
|
مِنْ مَسْجِدٍ
إِلَى الْبَيْتِ
عَنْ زَيْدٍ
فىِ اْلمَدْرَسَةِ
بِعَمْرٍ
كَحِمَارٍ
لَزَيْدٍ
لِزَيد
|
مِنْ
َإِلىَ
عَنْ
َعَلَى
َفىِ
َرُبّ
بِ
كَ
لَ
لِ
|
Preposition
/ Kata Depan
حُرُوْفُ اْلجَرِّ+إسْم
Preposition
+ Isim
مِنْ : dari
َإِلىَ : to, ke , kepada
عَنْ : from, atas dari
َعَلَى : on, pada
َفىِ : in , di / dalam
َرُبّ :perhaps, terkadang بَاءُ :with , dengan,
كَافُ : as, seperti
لامُ own, for, milik bagi :
|
حُرُوْفُ اْلجَرِّ
|
contoh / examples/ nahwu
أُمِرْتُ أَنْ أَكُوْنَ أَوَّلَ اْلمُسْلِمِْينَ
-لَنْ يَضْرِبَ
الله مَثَلاً
- إِذَانْ يقول
- كَىْ تُحِبَّ
- لِكَىْ تُحِبُّهَا
-
ماَكاَنَ الله لِيُعَذّبَهُمْ
- اَكَلْتُ السَّمَكَةَ حَتَّى رَأْسَهُ
- مَنْ قَامَ فَأَقُوْمَ
- مَنْ قَامَ وَ أَقُوْمَ
- مَنْ قَامَ أَو أَقُوْمَ
|
أَنْ : in order that, agar
لَنْ :
do not , tidak
إِذَانْ :once upon, ketika
كَىْ : how, bagaimana
لاَمُ كَىْ how bagaimana
لاَمُ جُحُوْد instead of malah
حَتّى : until, sehingga
جَوَابُ : anak kalimat
بفاَءِ
therefore,
maka وَاوُ :
and / dan
أَو : or , atau
|
حُرُوْفُ نَوَاصِبٌ
نَوَاصِب + فِعْل مُضَارِع
awalan yang terdapat pada fi’il mudari yang berfungsi membuat fi’il mudari
dibaca nasab.
|
|
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُـوْلَدْ
لمَـَّا
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدَرَكَ
أَلَمَّا
ل
لِ
لاَ تُشْرِكْ بِالله اَحَدًا
رَبَّنَالاَ تُؤَخِذْناَ إِنْ نَسِيْنَا....
إِنْ
مَا
مَنْ يَقُمْ أَقُمْ
مَهْمَا
إِذْمَا
أَىّ
مَتَى
حَيْثُمَا
كَيْفَمَا
إِذًا
|
لَمْ not yet , belum
لمَـَّا not yet, belum
أَلَمْ:
apa belum
أَلَمَّا apakah belum
لاَمُ أَمْرِ : supaya
لاَمُ دّعَاءِ :
supaya
لاَ نّهِى do not, jangan
لاَ دّعَاءِ : janganlah
إِنْ : agar, supaya
مَا : sesuatu
مَنْ : barangsiapa
مَهْمَا : ketika
إِذْمَا : ketika
أَىّ : where , dimana
مَتَى : when : kapan
حَيْثُمَا :whenever/ sewaktu
كَيْفَمَاhow bgaimana
إِذًا : when , ketika
|
حُرُوْفُ الجَوَازِمٌ
Prefix
making jazm in fi’il mudari
جَوَازِم + فِعْل مُضَارِع
awalan
yang terdapat pada fi’il mudari yang berfungsi fi’il mudari di baca jazm
|
B. Kalam / speech
اَلْكَلاَمُ
هُوَ اللّفْظُ اْلمُرَكّبُ اْلمُفِيْدُ بِالْوَضْعِ.
Kalam ialah kata yang dirsusun, berfaedah dengan di sengaja.”
كَلاَمٌ
:
(kalam) : talk ; speech ; pembicaraan ; omong-omong.
مُتَكَلّمٌ : (mutakallim) : speaker ;
pembicara ; orang yang bicara.
كَلِمَةٌ : (kalimat) ; word ; kata.
كَلِمٌ : (kalim) ; words ;sentences ;
kalimat.
سَمِعَ : (sami’a) ; to hear ; mendengar.
اِسْتَمَعَ : (istama’a) ; to llisten ; mendengarkan.
سَامِعٌ : (saami’a) ; hearer ; pendengar.
مُسْتَمِعٌ : (mustami’) : one hearing : orang
yang mendengarkan.
اللّفْظُ : (lafadz) : word ; kata.
اْلمُرَكّبُ :
(murakab) : structure ; susunan ; kerangka ; tatanan.
اْلمُفِيْدُ :
(mufid) ; useful ; manfaat, berguna.
بِالْوَضْعِ : (bilwad’i) ; purpose ; maksud ;
tujuan.
Pengertian kalam menurut ahli nahwu
ialah lafadz yang disusun rapi dapat difahami oleh pendengar dengan pengucapan
yang disengaja.
Syarat-syarat kalam : lafadz,
murakab, mufid, bil-wadha’.
i. اَللّفْظُ - Lafadz / Word / : Kata.
اَللّفْظُ هُوَ الصّوْتُ اْلمُشْتَمِلُ عَلىَ بَعْضِ الْحُرُوْفِ اْلِهجاَئِيّة
ِ.
Lafadz ialah suara yang terkandung
atas sebagian huruf hijaiyah
Contoh :
Kata : زَيْدٌ “ZAID” . Kata زَيْدٌ terdiri dari rangkaian tiga huruf ز ي د yang terdapat dalam huruf hijaiyah berikut ini :
ص
|
ش
|
س
|
ز
|
ر
|
ذ
|
د
|
خ
|
ح
|
ج
|
ث
|
ت
|
ب
|
أ
|
ي
|
ﻫ
|
و
|
ن
|
م
|
ل
|
ك
|
ق
|
ف
|
غ
|
ع
|
ظ
|
ط
|
ض
|
Hurufز ي د terdapat dalam huruf hijaiyah, maka زَيْدٌ termasuk lafadz. Pendek kata اللّفْظُ : (lafadz) : word ; kata : adalah
rangkaian huruf hijaiyah yang digunakan dalam bahasa arab.
Kata زَيْدٌ adalah nama seorang laki - laki.
ii. اَلْمُرَكّبُ - Murakab / Structure : susunan.
اَلْمُرَكّبُ ماَ تُرُكّبَ مِنْ كَلِمَتَيْنِ فَأَكْثرُ.
Murokab ialah lafadz yang disusun
dari dua kalimat atau lebih “.
Kata زَيْدٌ disusun menjadi زَيْدٌ زَيْدٌ dan susunan ini di sebut murakab
karena tersusun dari 2 kata.
iii. اَلْمُفِيْدُ - Mufid / Usage / Faedah ; Manfaat.
اَلْمُفِيْدُ مَا أَفاَدَ فاَئِدَةً يَحْسُنُ السّكُوْتُ مِنَ اْلمُتَكَلّمِ
وَالسّامِعِ عَلَيْهَا
Mufid ialah kata yang bermanfaat, diam yang baik atas dari orang yang bicara dan mendengarnya”.
Suatu ucapan bisa dikatakan memberikan faedah dengan baik
apabila si pendengar faham atas sesuatu yang dibicarakan. Contoh :
قاَمَ زَيْدٌ (baca : qoma zaidun) : zaid telah
berdiri. termasuk lafadz, murakab dan mufid.
قاَم : adalah karta kerja bentuk lampau
زَيْد:
adalah kata benda atau nama orang sebagai subyek / pelaku.
Apabila mengatakan : زَيْدٌ زَيْدٌ atau قاَمَ قاَمَ maka hanya termasuk lafadz dan murakab saja, tapi tidak termasuk
mufid.
iv. بِالْوَضْعِ - Bil wad‘i / Purpose : Sengaja.
بِالْوَضْعِ اَىْ بِالْقَصْدِ
Dengan sengaja artinya maksud di sengaja .
Pengertian bil - wad’i dalam ahli nahwu adalah ucapan yang dikatakan oleh orang yang sehat
dan berakal secara sengaja dengan maksud tertentu. Selain ucapan orang
yang sehat dan berakal seperti : orang gila, stress, epilepsy, menggigau (ngelindur),
suara hewan dan perkakas alat music , electronic-recording / rekaman
elektronika, dan sebagainya tidak termasuk kategori secara sengaja.
Contoh mengatakan : إِنْ قاَمَ زَيْدٌ أَقُمْ (baca : in oma zaiun aqum) , ( “
bila Zaid telah berdiri, maka aku akan berdiri ” ).
Contoh ini memenuhi ketegori : lafadz , murakab, mufid dan bil
wad‘I sebagaimana syarat kalam. Maka, kalimat ini adalah kalam. Contoh ini merupakan
frase kalimat pengandaian (if-clause) :
…إِنْ قاَمَ زَيْدٌ: anak kalimat dan أَقُمْ… : adalah sebagai induk kalimat
Syarat kalam
|
Contoh
|
Arti
|
اَللَّفْظُ
|
زَيْدٌ
|
suara yang terkandung huruf hijaiyah
|
اَلْمُرَكَّبُ
|
زَيْدٌ زَيْدٌ
|
Susunan terdiri dari 2 kata / lebih
|
اَلْمُفِيْدُ
|
قاَمَ زَيْدٌ
|
bisa difahami pembicara dan pendengar
|
بِاْلوَضْعِ
|
زَيْدٌ قَائِمٌ
|
disengaja oleh pembicara
|
Bagian-bagian
kalam
وَأَقْسَامُهُ
ثَلاَثَةٌ إِسْمٌ وَفِعْلٌ وَحَرْفٌ جَاءَ لِمَعْنىَ.
Dan bagian kalam itu ada 3, yaitu :
isim ; fi’il ; dan harf datang untuk arti
i. إِسْمٌ Isim (Noun) : Kata Benda.
اَلإِسْمُ هُوَكَلِمَةٌدَلّتْ عَلَى مَعْنىَ فِى
نَفْسِهَاوَلَمْ تَقْتَرِنْ بِزَمَنٍ وَضْعًا
Isim adalah kata yang menunjukkan arti di dalamnya dan
tidak bersamaan dengan zaman dalam letaknya.
Berikut ini karakter (ciri-ciri) isim :
اَلإِسْمُ يُعْرَفُ بِالْخَفْضِ وَالتّنْوِيْنِ
وَدُخُوْلِ اْلأَلِفِ وَالّلامِ وَحُرُوْفِ اْلخَفْضِ وَهِىَ مِنْ وَإِلىَ وَعَنْ
وَعَلَى وَفىِ وَرُبّ وَاْلبَاءُ وَالْكَافُ وَالّلامُ وَحُرُوْفِ اْلقَسَمِ وَهِىَ اَلْوَاوُ وَاْلبَاءُ
وَالتّاءُ.
Isim dapat diketahui dengan khafdu; dan tanwin; dan masuknya huruf alif dan lam; dan huruf hofd; dan huruf qasam.
عَلاَمَةٌ
|
صُوْرَةٌ
|
مَعْنىَ
|
عَمَلاً
|
َنحْوٌ
|
الْخَفْضُ
|
Harakat
kasrah
|
majruur
|
... + مَسْجِدٍ
|
|
التّنْوِيْنُ
|
: harakat tanwin ــًـٍــٌ
|
Belum terkenal
|
مَسْجِدٌ
|
|
دُخُوْلُ اْلأَلِفِ وَالّلامِ
|
اَلْـ
|
terkenal
|
Universal, umum
|
اَلْ + المَسْجِدُ
|
حُرُوْفُ اْلخَفْضِ
|
مِنْ
|
Dari
|
Preposisi
|
مِنْ + مَسْجِدٍ
|
اِلَى
|
ke
|
Preposisi
|
اِلَى مَسْجِدٍ
|
|
عَنْ
|
Atas
dari
|
Preposisi
|
عن عمرٍ
|
|
غَلى
|
Pada
|
Preposisi
|
على جدارٍ
|
|
فِى
|
Di/dalam
|
Preposisi
|
فى بيتٍ
|
|
رُبّ
|
mungkin
|
Perhaps,
|
رُبّ زيدٍ
|
|
كَـ
|
Seperti
|
Semisal
|
كَحِمَارٍ
|
|
لِـ
|
Bagi
|
Property
|
لِزيدٍ
|
|
بِـ
|
Dengan
|
Preposisi
|
بِزيدٍ
|
|
حُرُوْفُ
اْلقَِسَمِ
|
وَ
|
Demi
|
Sumpah
|
وَاللهِ
|
بِ
|
Dem
|
Sumpah
|
باِللهِ
|
|
تَ
|
Demi
|
Sumpah
|
تاَللهِ
|
®﴿تنبيه﴾
...+ مَسْجِدٍ (dapat dibaca kasrah pada akhir kata)
مَسْجِدٌ (harakat tanwin huruf pada akhir kata) ال + مَسْجِدٌ=
المسجدُ (al + isim = tanwin hilang)
AL (huruf alif dan lam) + isim menunjukkan isim
ma’rifah (famaously) Kata benda yang belum dikenal khalayak umum (milikpribadi)
apabiladi tambahkan aL bisa menjadi terkenal. Isim yang dimasuki AL
menjadi isim ma’rifah dan harakat tanwin pada akhir kata harus dihilangkan.
حُرُوْفُ اْلخَفْضِ + مَسْجِدٌ = ... مسجدٍ . نحو: مِنْ مَسْجِدٍ
Huruf
jar pada isim Nakirah.
حُرُوْفُ اْلخَفْضِ + المَسْجِدٌ = ... المسجدِ. نحو : مِنَ اْلمَسْجِدِ
Huruf jar pada isim
Ma’rifah.
Huruf Jar = Huruf Hafdu, berfungsi sebagai preposition
حُرُوْفُ اْلقَِسَمِ +.... = demi….
Huruf
Qasam digunakan untuk bersumpah.
وَ + الله = وَاللهِ Demi Allah
بِ + الله = بِاللهِ Demi Allah
تَ + الله = تَاللهِ Demi Allah
ii.
فعل Fi’il (Verb) : Kata Kerja.
اَلْفِعْلُ هُوَكَلِمَةٌ دَلّتْ عَلَى مَعْنَى فىِ نَفْسِهَا وَاقْتَرَنَتْ
بِزَمَنٍ وَضْعًا.
فعل Fi’Il / Verb adalah kata yang menunjukkan arti di dalamnya dan
bersamaan dengan zaman dalam letaknya .
1.
Fi’il Madi ( Past Tense ) :
Kata Kerja bentuk lampau.
فَإِنْ دَلّتْ تِلْكَ الْكَلِمَةُ عَلَى زَمَنٍ مَاضٍ فَهُوَالْفِعْلُ
اْلماَضِى.
Apabila
kalimat itu menunjukkan pada zaman yang
telah lewat (masa lampau) maka kalimat
itu adalah fi’il madi .
2. Fi’il
Mudari ( Present and Future ) : KK sekarang dan besok
وَإِنْ دَلّتْ تِلْكَ الْكَلِمَةُ عَلَى زَمَنٍ
يَحْتَمِلُ الْحَالَ وَاْلإِسْتِقْباَلَ فَهُوَ الْفِعْلُ اْلمُضَارِعِ .
Dan
apabila kalimat itu menunjukkan pada zaman saat sekarang ini dan yang akan datang maka kalimat itu adalah
fi’il mudari.
فِعْلُ الْمُضَارِعِ يَحْتَمِلُ اْلحاَلَ adalah Kata Kerja PresentTense
artinya kata kerja yang digunakan untuk mengungkapkan kebiasaan aktifitas
sehari-hari (daily activities), kesuakaan (hobby), pada saat kini / sekarang recently, now. Fi’il Mudari dapat diketahui dengan penempatan salah satu dari
huruf mudara;ah pada awal kata.Huruf mudara’ah adalah : huruf hamzah, huruf nun
, huruf ya’, huruf ta’. Disingkat
menjadi ANAITU. Untuk mengenali fi’il mudari’ adalah kolom kedua dalam tasrif
amtsilah atau ilmu yang membahas tentang perubahan kata (ilmu
sharaf).
فِعْلُ الْمُضَارِعِ يَحْتَمِلُ اْلإِسْتِقْباَلَ Future Tense : masa akan datang. Dalam bentuk Future Tense terbagi dalam 2
masa , yaitu :
سَوْفَ + فِعْلُ اْلمُضَارِعِ .Masa
yang pendek
seperti : akan, besok, nanti malam, besok lusa dan sebagainya. Contoh :
سَوْفَ يَذْهَبُ زَيْدٌ zaid akan pergi –.
سَوْفَ أَقُوْمُ aku akan berdiri –
سَ + فِعْلُ اْلمُضَارِعِ . : Masa yang panjang seperti : kelak,
masa depan yang masih jauh, seperti cita-cita, ramalan. ungkapan ini dengan
menggunakan :
Contoh : سَيَذْهَبُ زَيْدٌ : zaid akan pergi
سَيَكُوْنُ زَمَنٌ : akan ada suatu masa
3. Fi’il Amar (
Command ) : Kata perintah
وَإِنْ دَلّتْ
عَلَى طَلَبِ شَيْئٍ فَهُوَالْفِعْلُ اْلأَمْرِ.
Apabila kalimat itu menunjukkan pada
pencarian sesuatu maka kalimat itu adalah fi’il amar. Contoh : إِذْهَبْ pergilah -أُنْصُرْنِى
tolonglah aku !
فِعْل
مَاضٍ
|
فِعْلُ مُضَارِعٍ
|
سَوْفَ +
فِعْلُ مُضَارِعٍ
Besok, lusa
|
سَ+فِعْلُ
مُضَارِعٍ
Nanti, kelak
|
فِعْلُ أَمْرٍ
|
الْحَال
|
الإِسْتِقْبَال
|
الإِسْتِقْبَال
|
||
Past Tense
|
Present Tense
|
Future Tense
|
Future Tense
|
Command
|
فَعَلَ
|
يَفْعُلُ
|
سَوْفَ
يَفْعُلُ
|
سَيَفْعُلُ
|
أُفْعُلْ
|
نَصَرَ
|
يَنْصُرُ
|
سَوْفَ
يَنْصُرُ
|
سَيَنْصُرُ
|
أُنْصُرْ
|
كاَنَ
|
يَكُوْنُ
|
سَوْفَ
يَكُوْنُ
|
سَيَكُوْنُ
|
كُنْ
|
قَامَ
|
يَقُوْمُ
|
سَوْفَ
يَقُوْمُ
|
سَيَقُوْمُ
|
قُمْ
|
قَالَ
|
يَقُوْلُ
|
سَوْفَ
يَقُوْلُ
|
سَيَقُوْلُ
|
قُلْ
|
فَعَلَ
|
يَفْعَلُ
|
سَوْفَ
يَفْعَلُ
|
سَيَفْعَلُ
|
إِفْعَلْ
|
فَتَحَ
|
يَفْتَحُ
|
سَوْفَ يَفْتَحُ
|
سَيَفْتَحُ
|
إِفْتَخْ
|
ذَهَبَ
|
يَذْهَبُ
|
سَوْفَ
يَذْهَبُ
|
سَيَذْهَبُ
|
إِذْهَبْ
|
فَعَلَ
|
يَفْعِلُ
|
سَوْفَ
يَفْعِلُ
|
سَيَفْعِلُ
|
إِفْعِلْ
|
رَجَعَ
|
يَرْجِعُ
|
سَوْفَ
يَرْجِعُ
|
سَيَرْجِعُ
|
إِرْجِعْ
|
ضَرَبَ
|
يَضْرِبُ
|
سَوْفَ
يَضْرِبُ
|
سَيَضْرِبُ
|
إِضْرِبْ
|
Kata Kerja unutk masa lalu
|
Kata Kerja untuk masa kini
|
Future Tense Kata Kerja yang digunakan untuk waktu yang akan terjadi pada
masa yang dekat misalnya : kelak
|
Future Tense
Kata Kerja yang digunakan untuk waktu yang akan terjadi dalam masa yang dekat misalnya : besok
|
Kata Perntah
|
4.
Ciri-ciri فعل Fi’il / Verb
وَالْفِعْلُ يُعْرَفُ بِقَدْ وَالسّينْ وَسَوْفَ وَتَاءِ التّأْنِيْثِ
السّاكِنَةِ
Dan
Fi’il diketahui dengan :
قَدْ
(qad), سِيْن (sin),سَوْفَ (saufa), تاء
التأنيث الساكنة
(ta’taknis / perempuan yang mati ).
قَدْ
: masuk pada fi’il madi dan mudari’.
: السّينْ : سَوْف hanya masuk pada fi’I lmudari’
تَاءِ التّأْنِيْثِ السّاكِنَةِ : hanya masuk pada fi’il madi.
فِعْلُ مُضَارِعٍ
(Fi’il mudari) Present Tense adalah kata kerja yang digunakan mengungkapkan perbuatan yang dilakukan pada
sekarang dan akan datang
|
||
قَدْ
|
قَدْ masuk pada fi’il mudari فِعْلُ مُضَارِعٍ +قَدْ
artinya : terkadang.
|
قَدْ قَامَ زَيْدٌ
|
سِيْن
|
سِيْن adalah huruf sin harakat fathah: ( َس )
hanya masuk pada fi’il mudari
|
سَيَقُوْمُ زَيْدٌ
|
سَوْفَ
|
سَوْفَ hanya masuk pada fi’il mudari :
|
سَوْفَ يَقُوْمُ زَيْدٌ
|
فِعْلُ مَاضٍ
Past Tense adalah kata kerja menerangkan masa lampau.
|
||
قَدْ
|
قَدْ : sungguh.masuk pada fi’il madi: فِعْلُ مَاضٍ +قَدْ
|
قَدْ قَامَ زَيْدٌ
|
تَاءِ
التَّاءْنِيْثِ السَّاكِنَةِ
|
تَاءِالتَّاءْ نِيْثِ السَّاكِنَةِ Adalah huruf ta’ berharakat sukun.
Hanya masuk pada fi’il madi :
فِعْلُ مَاضٍ + ت =
......ﺖْ
Fungsi ta’ sukun (تَاءِالتَّاءْ نِيْثِ السَّاكِنَةِ ) hanya masuk pada fi’il madi guna
menunjukkan suatu perbuatan yang dilakukan oleh subyek wanita
قَامَتْ = asalnya kata قَامَ , ditambahkan huruf ta’ berharakat sukun.
قَامَ + تْ dan menjadi قَامَتْ .
|
قَامَتْ هِنْدٌ
Ibu hindun benar-benar telah
berdiri
|
iii.
حَرْفٌ جَاءَ
لِمَعْنَى
Huruf (Preposition) : Kata Depan.
وَالْحَرْفُ مَا لاَيَصْلُحُ مَعَهُ دَلِيْلُ اْلاِسْمِ وَلاَ دَلِيْلُ
اْلفِعْلِ.نَحْوُ :هَلْ, فِى, لَمْ
Dan harf adalah lafadz yang tidak pantas menyertai kaidah
isim dan fi’il. Contoh : هَلْ (what) apakah?), فِى (in ) didalam, لَمْ (not yet) belum.
Huruf (Preposition) tidak dapat menunjukkan kefahaman
kecuali bila digabungkan dengan kata yang lain sehingga tersusun kalimat yang
baik dan dapat difahami.
Contoh : هَلْ زَيْدٌ
فِى الدّارِ
(hal zaidun fid-daari ?)
Apakah Zaid ada di dalama rumah ?
هَلْ استفهام : (Introgative) kata Tanya
زَيْدٌ فَاعِل
: (Subject) Pelaku
فِى حَرْفُ جَرٍّ : (Preposition)
Kata depan
الدّارِ جَارٌمَجْرُوْرٌ
:(Indirect
object) Obyek tak langsung
هَلْ زَيْدٌ
فِى الدّارِ
adalah susunan : huruf + isim
+ huruf jar + isim (dalam susunan ini tidak ada fi’ilnya, maka disebut jumlah ismiyah).
R E H A T
Tidak ada komentar:
Posting Komentar